Profil

Program Studi S1 Hasil Hutan (PS HH) telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT) pada tahun 2006. Pada tahun 211, PS THH juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi tersebut berlaku sejak tanggal 29-Desember 2011 sampai dengan 29 Desember 2016.

Selain mendapatkan akreditasi tingkat nasional, PS THH memperoleh Akreditasi Internasional dari The Society of Wood Science and Technology (SWST) yang berkantor pusat di Monona, Wisconsin, Amerika Serikat. Akreditasi diberikan selama sepuluh tahun, mulai dari 1 Januari 2015 sampai dengan 1 Januari 2025.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan PS THH adalah mempunyai Dasar KetrampilanKemampuan Analisis dan Sintesis yang andal, serta Profesionalisme dan Kemandirian yang kuat pada bidang ilmu dan teknologi hasil hutan serta berjiwa kewirausahaan. Kompetensi tersebut dijabarkan dalam 4 bagian, yaitu:

  1. Kompetensi Bagian Peningkatan Kualitas Kayu (anatomi kayu, sifat-sifat kayu, kualitas kayu, pengendalian rayap, dan pengeringan kayu)
  2. Kompetensi Bagian Biokomposit (teknologi biokomposit, teknologi perekatan kayu, dan analisis kuantitatif dan ekonomi hutan)
  3. Kompetensi bagian Rekayasa dan Desain Bangunan Kayu (keteknikan kayu, sifat fisik dan mekanisme  kayu, uji destruktif kayu, dan proteksi bangunan kayu)
  4. Kompetensi Bagian Kimia Hasil Hutan (kimia hasil hutan, teknologi pulp dan kertas, dan pengolahan hasil hutan non kayu)

Capaian Pembelajaran

  1. Menunjukkan sikap jujur, mandiri, humanis, berfikiran luas, beretika,motivasi tinggi sebagai pembelajar,dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis,kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam memecahkan masalah.
  3. Menguasai konsep teoritis umum ilmu kehutanan (pengelolaan hutan lestari) yang mencakup pendirian, pelestarian, pemanenan, pemrosesan dan pemasaran.
  4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi peningkatan kualitas hasil hutan melalui proses permesinan, pengeringan, pengawetan dan pemrosesan akhir yang didukung oleh sifat-sifat kayu dan ilmu struktur kayu.
  5. Mampu menerapkan ilmu, teknologi, dan seni hasil hutan di bidang pemilihan bahan baku, proses pengujian dan persiapan produk biokomposit.
  6. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil hutan berdasarkan prinsip-prinsip kimia untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya.
  7. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pemanfaatan hasil hutan di bidangkekuatan material, desain dan manajemen, analisis struktural, teknik kayu dan upaya perlindungan bangunan.
  8. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pemanfaatan hasil hutan di bidang manajemen produksi, pemasaran dan perdagangan produk hutan, dan efisiensi industri hasil hutan.
  9. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian dengan metodologi yang benar dan menganalisa serta menginterpretasikan data dengan tepat
en_USEnglish