Departemen Teknologi Hasil Hutan

Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor merupakan pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil hutan di Indonesia. Departemen Hasil Hutan telah berdiri sejak tahun 1969 dan merupakan Departemen Hasil Hutan tertua di Indonesia. Departemen Hasil Hutan telah terakreditasi sebagai program studi unggul (nilai A) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama dua periode berturut-turut. Pada tahun 2015, Departemen Hasil Hutan juga telah terakreditasi internasional oleh Society of Wood Science and Technology (SWST). Bidang keilmuan dasar yang diterapkan meliputi biologi, fisika, kimia, keteknikan, ekonomi dan manajemen.

VISI

Menjadi lembaga pendidikan tinggi bertaraf internasiona dalam menghasilkan SDM bermutu dan mengembangkan IPTEKS di bidang teknologi pemanfaatan hasil hutan.

MISI

Menyelenggarakan program tri dharma untuk menghasilkan sumberdaya manusia berkualifikasi sarjana dengan kompetensi utama teknologi hasil hutan dan mengembangkan inovasi IPTEKS untuk berkontribusi terhadap peningkatan produktifitas dan efisiensi industri hasil hutan.

Tujuan

  1. Mengoptimalkan pengembangan kapasitas sumberdaya melalui kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan publikasi ilmiah terakreditasi baik nasional maupun internasional.
  2. Mengoptimalkan pemberdayaan IPTEKS pemanfaatan hasil hutan melalui pengajaran, penelitian, publikasi, serta pelayanan pada masyarakat, yang dapat meningkatkan mutu departemen.
  3. Mewujudkan manajemen pengelolaan sumberdaya departemen yang bermutu, profesional dan terbuka dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermanfaat bagi kesejahteraan di lingkungan DHHT dan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan PS THH yang memiliki dasar keterampilan, kemampuan analisis dan sintesis yang andal, serta profesionalisme dan kemandirian yang kuat pada bidang ilmu dan teknologi hasil hutan, dan berjiwa kewirau-sahaan.

Tenaga Pendidik

Saat ini Departemen Hasil Hutan didukung oleh 26 tenaga pendidik berpengalaman, terdiri dari 18 orang bergelar doktor (8 diantaranya menjabat sebagai guru besar IPB) dan 8 orang bergelar magister. Seluruh tenaga pendidik di Departemen Hasil Hutan merupakan lulusan dari perguruan tinggi bereputasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kerjasama

Departemen Hasil Hutan telah melakukan berbagai macam kerjasama di bidang akademik maupun penelitian dengan berbagai institusi pemerintah, industri dan lembaga internasional seperti International Timber Trade Organization (ITTO), Japan Society for the Promotion of Science (JSPS), dan Tanabe Foundation of Japan.

id_IDIndonesian